Wed. Feb 26th, 2020

DPMPTSP

Seruyan

Deklarasi SiCANTIK dan OSS untuk Perizinan Terpadu Nasional

4 min read

JAKARTA – Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik (SiCANTIK) yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) dideklarasi sebagai aplikasi umum untuk pelayanan perizinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Indonesia.

Deklarasi yang digelar di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat 30 Agustus 2019 ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo bersama dengan Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal (BKPM), disaksikan oleh Sesditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Koordinator Wilayah VII Korsupgah KPK, Plt. Direktur Pengembangan Sistem Perizinan Berusaha BKPM, Direktur Layanan Aptika Pemerintahan Kominfo, serta para undangan dari DPMPTSP tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang sudah menerapkan SiCANTIK Cloud dalam pelayanan perizinan dan non-perizinan.

“Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS) merupakan sistem terintegrasi pengajuan izin berusaha secara nasional. Layanan itu ditujukan untuk mempermudah investor mengakses layanan perizinan pemerintah tanpa harus mendatangi berbagai Kantor Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemerintah, baik di pusat maupun daerah untuk mengurus izin yang dibutuhkan,” jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Samuel Abrijani Pengerapan dalam sambutannya.

Melalui integrasi OSS sebagai portal pengajuan izin berusaha secara nasional dan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (SiCANTIK Cloud) sebagai aplikasi pemenuhan komitmen perizinan di PTSP Daerah. “Kementerian Kominfo mendukung percepatan perizinan berusaha maupun layanan lain yang dilaksanakan di PTSP Daerah,” tegas Dirjen Semuel.

Sampai saat ini, lanjut Semuel, Ditjen Aptika Kementerian Kominfo telah melakukan bimbingan teknis SiCANTIK Cloud untuk 356 daerah. Aplikasi itu telah digunakan di 100 daerah dan lebih dari 30.000 izin telah diterbitkan melalui SiCANTIK Cloud.top

sumber : Kominfo

Perwakilan DPMPTSP Kabupaten Seruyan, Kalteng saat poto bersama dengan Kepala Seksi Pengembangan Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah Daerah Kemenkominfo-RI Agung Basuki, ST., MT yang merupakan Tim leader Pengembangan SiCANTIK Cloud di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat 30 Agustus 2019.

Deklarasi yang digelar di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat 30 Agustus 2019 ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo bersama dengan Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal (BKPM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?