Wed. Feb 26th, 2020

DPMPTSP

Seruyan

GUDANG TIDAK TERDAFTAR BISA DIKENAI SANKSI PENUTUPAN ATAU DENDA Rp. 2 MILIAR

5 min read

PALANGKA RAYA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan mengikuti kegiatan bimbingan teknis pengelolaan gudang yang diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia di Hotel Aquarius Palangkaraya, Selasa 10/7/2018.

Kegiatan bimbingan teknis pengelolaan gudang ini diikuti oleh masing-masing perwakilan lembaga terkait dari kabupaten/ kota seKalimantan Tengah dan beberapa pelaku usaha di Palangkaraya. Salah satu pasal di dalam Undang-Undang tentang perdagangan, menyatakan bahwa salah satu sarana perdagangan untuk mendorong kelancaran distribusi barang yang diperdagangkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri adalah gudang. Maka, untuk menindaklanjuti Undang-Undang tersebut Kementerian Perdagangan membuat kebijakan terkait pengelolaan gudang yaitu dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 90 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengelolaan Gudang.

Berdasarkan ketentuan tersebut di atas bahwa setiap pelaku usaha yang memiliki gudang wajib didaftarkan (memiliki Tanda Daftar Gudang/ TDG) sesuai dengan penggolongan gudang menurut luas dan kapasitas penyimpanannya. Sedangkan, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dalam pasal 15 ayat (3), Setiap pemilik Gudang yang tidak melakukan pendaftaran Gudang sebagaimana dimaksud dikenai sanksi administratif berupa penutupan Gudang untuk jangka waktu tertentu dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah). Pengenaan sanksi administratif dimaksudkan agar setiap pemilik Gudang menaati kewajibannya sehingga dapat memberikan kepastian berusaha dan kepastian hukum bagi setiap pemilik Gudang dalam menjalankan usahanya. 

Setiap pemilik, pengelola atau penyewa gudang yang melakukan  penyimpanan barang yang ditujukan untuk diperdagangkan harus menyelenggarakan pencatatan administrasi paling sedikit memuat tentang jumlah barang yang disimpan dan jumlah barang yang masuk dan yang keluar dari gudang. Apabila pencatatan administrasi tidak dilakukan maka dapat dikenai sanksi berupa pencabutan perizinan di bidang perdagangan.

Untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam hal penyampaian laporan, Dirjen Perdagangan sudah mempersiapkan sistem penyampaian pelaporan pengelola gudang secara online. Pencatatan administrasi gudang dapat diselenggarakan dalam bentuk buku atau sistem elektronik/pelaporan online melalui http://efile-logistic.kemendag.go.id/gudang.

Untuk mengetahui secara langsung bagaimana cara pelaku usaha mengelola gudang dengan benar, pihak penyelenggara kegiatan mengajak para peserta bimtek untuk turun langsung kelapangan ke salah satu gudang bulog di palangkaraya.

Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis pengelolaan gudang ini, diharapkan kepada lembaga terkait dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pelaku usaha dalam rangka penerbitan Tanda Daftar Gudang (TDG) dan Dinas perdagangan wajib melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap implementasi permendag Nomor 90 Tahun 2014 tentang pembinaan dan penataan gudang, serta menyampaikan laporan rekapitulasi data perkembangan penerbitan TDG setiap 3 Bulan kepada Dirjen PDN dan tembusan kepada dinas provinsi.

Adapun barang kebutuhan pokok yang harus dilaporkan pelaku usaha antara lain : Beras, kedelai bahan baku tahu dan tempe, cabe, bawang merah, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, ikan segar (ex. Bandeng, kembung & tongkol/tuna/cangkalang) dan untuk barang strategis yang harus dilaporkan antar lain: Benih yaitu benih padi, jagung dan kedelai, pupuk, gas elpiji 3 (tiga) kilogram, triplek, semen, besi baja kontruksi dan baja ringan.er/top

1 thought on “GUDANG TIDAK TERDAFTAR BISA DIKENAI SANKSI PENUTUPAN ATAU DENDA Rp. 2 MILIAR

  1. You really make it appear really easy together with your presentation but I in finding this topic to be really one thing that I believe I might never understand. It sort of feels too complex and extremely vast for me. I’m looking forward for your next put up, I will attempt to get the hang of it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?