Wed. Feb 26th, 2020

DPMPTSP

Seruyan

KARNAVAL HUT KE-73 KEMERDEKAAN RI, DPMPTSP ANGKAT TEMA PISANG

4 min read

 

Tampak seluruh pejabat eselon dan staf DPMPTSP Kabupaten Seruyan mengikuti Karnaval HUT ke 16 kabupaten Seruyan dan HUT ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu, 18/8/2018.

 

Agung Setiawan : Kita Mendukung Komoditi Pisang, Hadirkan Investasi dan Raih Pasar Global

KUALA PEMBUANG – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Seruyan, mendukung komoditi pidang sebagai produk unggulan daerah dan siap mempromosikan demi menghadirkan investasi dan meraih pasar global. Sabtu, 18/8/2018.

Kepala DPMPTSP, Agung Setiawan, S.STP.M.,Si mengungkapkan melihat potensi daerah Seruyan saat ini serta tingginya permintaan pasar akan buah pisang cukup membantu untuk mendongkrak perekonomian petani. Bukan tidak mungkin dengan produksi buah pisang yang sangat besar bisa dikembangkan menjadi produk komersial dengan tujuan pasar ekspor dan juga untuk menutup kebutuhan akan impor buah dari luar.

Agung pun mengajak investor baik dari lokal hingga luar daerah agar tidak regu untuk berinvestasi di Seruyan mengingat manfaat dari produk ini sangat banyak, baik dari pelapah atau batang, buah, jantung, hingga daun pisang yang bisa diolah menjadi produk bernilai tinggi. Ia mengatakan, DPMPTSP siap untuk menfasilitasi investor yang tertarik, terutama dalam hal dokumen perizinan dan mengimbau agar investor nantinya mengurus dokumen perizinan tanpa melalui perantara atau calo, karena mengurus izin itu mudah dan cepat, kita siap menfasilitasinya, kata Agung, yang juga pernah menjabat Sekretaris BKD Seruyan ini.   

Beberapa contoh produk olahan dari buah pisang diantaranya, tepung, susu, kripik, dodol, amplang, untuk jantung pisang bisa diolah menjadi berbagai aneka kuliner. Tidak hanya itu, batang atau pelapah pisang pun bisa diolah menjadi kerajinan tangan seperti kursi, meja, lukisan serta kerajinan anyaman lainnya. Sedangkan daun pisang bisa diolah menjadi obat tradisional baik sebagai penetral racun, obat luka hingga untuk kecantikan kulit.   

Sebagai salah satu bentuk nyata promosi dan dukungan tersebut, dalam Karnaval HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang juga hampir bertepatan dengan Hari Jadi ke-16 Kabupaten Seruyan tepatnya pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu, DPMPTSP Seruyan mengangkat tema PISANG “Pilihan berInvestasi di Seruyan sangat Aman dan Nyaman dijamin Gak rugi!” sebagai produk unggulan daerah dengan memajang dekorasi buah pisang pada mobil hias.

Karnaval yang digelar pada 18 Agustus 2018 dan dilepas secara langsung oleh Pj. Bupati Seruyan Ir. Muhammad Hatta,M,M. di komplek lapangan sepak bola Gagah Lurus Jalan A. Yani Kuala Pembuang ini juga dimanfaatkan DPMPTSP untuk membagikan brosur berupa persyaratan perizinan dan imbauan untuk masyarakat supaya taat administrasi dalam hal izin usaha dan izin mendirikan bangunan untuk kelancaran, kenyamanan dan jaminan dalam berusaha.top 

                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?