Wed. Feb 26th, 2020

DPMPTSP

Seruyan

DPMPTSP Seruyan Optimis Raih Predikat Pelayanan Prima

5 min read

KUALA PEMBUANG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan optimis mampu meraih predikat Pelayanan Prima dari Kementerian PANRB melalui penilaian Tim Pemantau dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kedeputian Bidang Pelayanan Publik, Rabu siang (21/08/2019).

Kepala DPMPTSP Seruyan Agung Setiawan, S.STP.,MSi yang kebetulan pada saat itu sedang Dinas Luar Daerah, penyambutan diwakili Sekretaris Didi Darmadi, S.STP.,MSi. bersama jajarannya atas kedatangan tim evaluator yang langsung didampingi Wakil Bupati Seruyan Hj.Iswanti, S.E.,M.M. Saat melakukan pengamatan dan dokumentasi pada sarana dan prasarana penyelenggaraan pelayanan publik, tim evaluator juga melakukan tanyajawab kepada petugas Front Office dan sejumlah petugas pelayanan lainnya.

Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti.,S.E.,MM menyapa petugas Front Office dalam kegiatan Pemantau dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Rabu siang (21/08/2019).

Terkait dengan kegiatan pemantauan dan evaluasi, ada beberapa komponen yang menjadi fokus Kementerian PANRB diantarannya, Standar Pelayanan (SP), Maklumat Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, Konsultasi dan Pengaduan, Kopetensi Pegawai, Kode Etik, Sarana Prasarana, Sistem Pelayanan Publik dan Inovasi.

Sekretaris DPMPTSP Seruyan Didi Darmadi, S.STP.,MSi mengatakan pihaknya optimis hasil dari pemantauan dan evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB melalui Kedeputian Bidang Pelayanan Publik mampu mengangkat predikat DPMPTSP Seruyan menjadi Pelayanan Prima. Dengan mendapatkan predikat Pelayanan Prima dapat diartikan unit pelayanan publik sudah menerapkan seluruh aspek yang menjadi fokus penilaian.

Keinginan tersebut bukan tanpa dasar, menurut Didi Darmadi, saat ini DPMPTSP Seruyan sedang melakukan perbaikan dan pemenuhan atas rekomendasi Tim Pemantau dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kementerian PANRB pada tahun sebelumnya. Selain telah melahirkan beberapa inovasi diantaranya ANTIK (Ambil Antar Izin ke Tempat), PINTAR (Perpanjangan Izin Tanpa Syarat), SABER-SUPER (Satu Berkas Semua Perizinan) dan DIET atau (Duta Izin Efektif dan Terpercaya), DPMPTSP Seruyan juga telah menerapkan tanda tangan elektronik (e-signature) untuk penerbitan izin non berusaha. Terkait dengan sarana prasarana, saat ini sedang berlajan untuk renovasi interior ruang pelayanan dan fasilitas pendukung lainnya.

Menurut Berita Acara Hasil Pemantauan dan Evaluasi tahun ini saja, hanya ada 3 rekomendasi yang harus dipenuhi DPMPTSP Seruyan diantaranya, perlunya menyediakan parkir khusus untuk pengguna layanan berkebutuhan khusus, perlu menyediakan ruang laktasi dan pojok bermain anak, dan yang terakhir perlu menyediakan toilet yang terpisah untuk pria dan wanita serta difabel. dari 3 rekomendasi tersebut, semuannya akan segera terpenuhi karena sudah masuk di anggaran tahun 2019.top 

Tim Pemantau dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kedeputian Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB saat melakukan wawancara dan pengumpulan dokumen pendukung terkait penilaian penyelenggraan pelayanan publik di DPMPTSP Seruyan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?