Mon. Jun 1st, 2020

DPMPTSP

Seruyan

Monitoring dan Evoluasi Program KSWP dan Data Perpajakan Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah

4 min read

Banjarmasin – Pajak merupakan sumber utama penerimaan Negara, Kamis Tanggal  3 Mei 2018 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Seruyan mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program KSWP dan Data Perpajakan di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Kegiatan tersebut diselenggararakan oleh Dirjen Pajak Kantor Wilayah DJP Kalimantan Selatan dan Tengah dan diikuti oleh masing- masing perwakilan dari DMPTSP kabupaten/ Kota sekalimantan Tengah dan beberapa kabupaten/ kota di Kalimantan Selatan. 

Kepala Dirjen Pajak Kantor Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah Bapak Imam Arifin membuka kegiatan  Monitoring dan Evaluasi Program KSWP dan Data Perpajakan  sekaligus menjelaskan bahwa adanya Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) ini adalah dalam rangka melaksanakan Intruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017.

Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat merupakan kewajiban Negara atas pelayanan dalam penyelenggaraan kenegaraan yang dibiayai oleh pajak, artinya jika masyarakat ingin mendapatkan pelayanan yang baik , maka  kewajiban harus dipenuhi  yaitu tertib administrasi pajak.

Pemerintah daerah melakukan konfirmasi status wajib pajak sebelum memberikan layanan publik tertentu, hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 112 Tahun 2016. Dengan adanya Konfirmasi Status Wajib Pajak ini, maka dapat diketahui dengan mudah apakah Wajib Pajak yang mempunyai kegiatan di wilayah kabupaten/ kota tertentu sudah memiliki NPWP. Kepatuhan wajib pajak dapat terdeteksi secara dini, karena yang menjadi tolak ukur dalam pencegahan korupsi adalah wajib pajak yang patuh terhadap kewajiban perpajakannya.

Untuk mendapatkan pelayanan publik/ permohonan izin kepada pemerintah daerah maupun kementerian harus dilakukan pengecekan/ validasi NPWP dan kepatuhan penyampaian SPT 2 Tahun Terakhir. Konfirmasi Status Wajib Pajak tidak perlu dilakukan secara manual  karena tersedia aplikasi kecil bernama portal EX-1 yang nantinya di tempatkan pada lembaga/ instansi yang terkait dengan pelayanan publik baik  di Pemerintah Daerah/ kota, Provinsi dan Pusat. Pemasangan aplikasi tersebut atas permintaan pemerintah Kabupaten / Kota, Provinsi dan kementerian terkait.

KSWP memiliki manfaat besar bagi pemerintah daerah maupun masyarakat penerima layanan publik, salah satunya adalah terlaksananya keseimbangan hak dan kewajiban pengguna layanan publik. Hal itu juga berpengaruh pada penerimaan daerah maupun pusat. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan Negara memang sangat dibutuhkan yaitu melaksanakan perpajakan dengan benar karena pajak yang dibayarkan akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan nasional sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. (EY)

1 thought on “Monitoring dan Evoluasi Program KSWP dan Data Perpajakan Kanwil DJP Kalimantan Selatan dan Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?