Wed. Feb 26th, 2020

DPMPTSP

Seruyan

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perizinan Online SiCantik

3 min read

Kuala Pembuang –  Dalam rangka percepatan pelaksanaan perizinan online Pemerintah Kabupaten Seruyan bekerja sama dengan Direktorat e-Government mengadakan Training of Trainer (ToT) penggunaan aplikasi perizinan online “SiCantik” yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 November 2017 bertempat di Ruangan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan Bapak Agung Setiawan, S.STP.,Msi. dan dari Direktorat e-Government menghadirkan Ibu Chairina dan Ibu Mellia Ulva sebagai instruktur dalam kegiatan ToT tersebut. Pada kegiatan tersebut hadir pula peserta dari DPMPTSP Kabupaten Katingan dan Diskominfo Kabupaten Katingan yang segera akan melaksanakan perizinan online. 

Aplikasi  “SiCantik” merupakan aplikasi perizinan online yang dibangun dan dikembangkan oleh Direktorat e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk digunakan oleh setiap instansi pelayanan perizinan yang akan menerapkan perizinan online tanpa harus membeli, sehingga penerapannya dapat lebih difokuskan kepada pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana serta pengembangan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang menanganinya.

Direktorat e-Government Kemkominfo RI memberikan fasilitas penggunaan Aplikasi Cerdas Layanan Terpadu Untuk Publik (SiCantik) kepada instansi pelayanan perizinan di seluruh Indonesia yang ingin menerapkan perizinan online dengan cara mengirimkan surat permohonan bantuan penerapan aplikasi “SiCantik” yang ditujukan kepada Direktur e-Government Kementerian Kominfo RI.

Dengan telah terbitnya Peraturan Presiden Nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, maka dimasa mendatang setiap instansi perizinan di seluruh Indonesia diwajibkan untuk menerapkan pelayanan perizinan secara online berdasarkan pada kemampuan infrastruktur dan jaringan wilayah masing-masing daerah. (EF)

 

 

 

 

 

 

 

                                    

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?