Mon. Jun 1st, 2020

DPMPTSP

Seruyan

SERUYAN TERAPKAN  PELAYANAN PERIZINAN MELALUI OSS

5 min read
Kepala DPMPTSP Seruyan, Agung Setiawan, S.STP., M.Si. bersama Asisten I Hj. Rusnah, M.Pd. saat memimpin Rapat Konsolidasi Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dengan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Penyelenggaraan pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau dengan istilah OSS (Online Single Submission) kini mulai diterapkan di Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kebijakan penyelenggaraan pelayanan perizinan berusaha melalui OSS di Kabupaten seruyan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusahan Terintegrasi Secara Elektronik dan Surat Sekretaris Kementerian Koordinastor Bidang Perekonomian Republik Indonesia Nomor. S-242/M.EKON/07/2018 tanggal 4 Juli 2018 hal Pelayanan Perizinan Berusahan Melalui PTSP, dan diperjelas dengan adanya Pengumuman Bupati Seruyan Nomor.503/1322/DPMPTSP/IX/2018 tanggal 18 September 2018.

Melalui www.oss.go.id, pelaku usaha bisa mengurus perizinan secara mandiri dimana saja dan kapan saja dengan syarat tersedianya jaringan internet. Layanan Online Single Submission menjamin semua jenis perizinan dapat diselesaikan dalam waktu singkat, semua tergantung dari pelaku usaha atau investor sendiri untuk secepatnya memenuhi komitmen/syarat agar NIB (Nomor Induk berusaha) sebagai identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS berlaku efektif.

Perlu diketahui, dengan mengantongi NIB pelaku usaha secara otomatis telah memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API) dan Hak Akses Kepabeanan jika pelaku usaha akan melakukan kegiatan Ekspor Impor. Adanya OSS ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan investasi dan diharapkan bisa menjadi jawaban dari keluhan pelaku usaha atau investor yang selama ini terkendala hal-hal teknis ketika mengurus dokumen perizinan.

Kepada seluruh investor dan atau pelaku usaha, ada beberapa poin penting terkait Izin Berusaha menurut Pengumuman Bupati Seruyan Nomor. 503/1322/DPMPTSP/IX/2018 tanggal 18 September 2018 diantaranya, Perizinan Berusaha yang telah diajukan oleh pelaku usaha sebelum tanggal 21 Juni 2018 dan belum diterbitkan perizinan berusaha, maka diproses melalui sistem OSS di alamat website : www.oss.go.id. Sistem OSS akan melakukan proses penyelesaian perizinan berusaha pada sektor yang tercantum dalam pasal 85 dan rinciannya tercantum dalam lampiran PP 24/2018.

Sedangkan izin usaha dan/atau izin komersial atau operasional yang telah dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setelah tanggal 21 Juni 2018 dan masih berlaku sesuai bidang usaha dan/atau kegiatan, tetap dinyatakan berlaku dan selanjutnya pelaku usaha/penerima izin wajib mendaftarkan kembali izin usahanya melalui sistem OSS.

Dalam hal perizinan berusaha tidak termasuk dalam sektor perizinan berusaha sebagaimana dimaksud pasal 85 dan rinciannya sebagaimana tercantum dalam lampiran PP 24/2018 maka penyelesaian perizinan berusaha dilakukan di luar sistem OSS (eksisting) atau memohon secara langsung ke DPMPTSP Seruyan.top

 

1 thought on “SERUYAN TERAPKAN  PELAYANAN PERIZINAN MELALUI OSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?