Wed. Feb 26th, 2020

DPMPTSP

Seruyan

Tiga Kecamatan Berpotensi jadi Berandanya PTSP Seruyan

6 min read

KUALA PEMBUANG – Digitalisasi di era Revolusi Industri 4.0 merupakan terobosan yang mutlak dilakukan terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pelayanan publik yang cepat, mudah, murah, nyaman, aman dan prosedur, seperti slogan yang sering digaungkan Bupati Seruyan Yulhaidir.

Pemerintah Kabupaten Seruyan menyadari sejumlah poin penting tersebut merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi penyelenggara pelayanan publik untuk masyarakat luas. Oleh karenanya, Pemda Seruyan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Seruyan memanfaatkan teknologi informasi untuk menawarkan kemudahan pengurusan perizinan gratis melaui Online Single Submission (OSS) khusus untuk perizinan berusaha, serta Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terintegrasi untuk Publik (SiCantik) untuk pemrosesan perizinan di luar izin berusaha yang bisa diakses secara daring atau online melalui ponsel, laptop atau perangkat komputer yang terkoneksi internet.

Terobosan tersebut apablia benar-benar dapat terimplementasi dengan baik dan maksinal, tentunya dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan publik. Akan tetapi, mengingat letak geografis Kabupaten Seruyan yang memanjang dari hulu ke hilir, kendala infrastruktur, terlebih belum semua daerah terpasang jaringan internet tentunya hal ini menjadi kendala yang segera direspon agar manfaat teknologi informasi untuk kebutuhan pengurusan perizinan benar-benar bisa dirasakan seluruh masyarakat Kabupaten Seruyan.

Kepala DPMPTSP Seruyan, Agung Setiawan, S.STP.,M.Si didampingi Kepala Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan, Eddy Fatahillah, S.E.,M.M dan Pelaksana di bidang IT Topan Forwantono melakukan kunjungan ke Kecamatan Hanau dalam rangka Koordinasi Integrasi Pelayanan antara PTSP dan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Kedatangan disambut langsung oleh Sekretaris Camat, Igin, S.Pd.,M.M di ruang kerjanya.

Agung Setiawan mengatakan koordinasi ini dimaksudkan untuk memetakan kesiapan PATEN yang nantinya bermuara pada adanya keseragaman pelayanan perizinan baik di PTSP hingga PATEN. Menurutnya, meski perizinan sekarang online dan gratis, namun belum semua daerah Seruyan dapat memanfatkannya mengingat sarana prasarana sebagai penunjangnya belum memadai.

“Kecamatan Hanau termasuk wilayah yang cukup strategis untuk terintegrasi dengan PTSP. Benar perizinan sekarang online dan gratis, tetapi faktanya masih banyak masyarakat dari daerah-daerah yang jauh datang ke PTSP. Tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, baik untuk transportasi, makanan, hingga penginapan. Oleh karenaya agar memudahkan masyarakat, PATEN Hanau cukup strategis bila dijadikan sebagai jembatan atau berandanya PTSP”, kata Agung Setiawan.

Ia juga menilai, selain Hanau ada beberapa daerah lainnya yang berpotensi besar mengingat letak geografisnya seperti Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Danau Seluluk. Dengan menjadikan PATEN sebagai beranda PTSP cukup efektif dan efisien untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam hal ini pemohon dari daerah-daerah hulu, dibandingkan datang langsung ke PTSP di Kuala Pembuang. Karena pada akhirnya pemohon akan berhadapan langsung dengan aplikasi.

Untuk itu, kata Agung Setiawan, yang menjadi kunci terintegrasinya PTSP dan PATEN harus tersedianya perangkat komputer dan jaringan internet, Standar Operasional Prosedur (SOP), Survei Kepuasan Masyarakat, hingga pemberdayaan SDM yang ada di PATEN itu akan dibekali dengan kemampuan untuk mengoperasionalkan aplikasi perizinan yang digunakan saat ini seperti OSS dan Sicantik Cloud.

Sementara itu, Sekretaris Camat Hanau, Igin, S.Pd.,M.M. mengaku siap bila dipercaya untuk menjadikan PATEN di wilayahnya sebagai beranda PTSP untuk pengurusan perizinan. Namun demikian dirinya meminta agar SDM terutama petugas PATEN agar diberikan semacam pelatihan, sehingga nantinya dalam penerapan tidak mengalami kendala yang cukup berarti dan bisa diatasi di tngkat PATEN.top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?