Mon. Jun 1st, 2020

DPMPTSP

Seruyan

Perizinan Sektor Kesehatan

IZIN MENDIRIKAN RUMAH SAKIT (IMRS)

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Izin Rumah Sakit Umum.

PERSYARATAN IZIN RUMAH SAKIT BARU

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Studi Kelayakan;

3. Master Plan;

4. Studi Kepemilikan;

5. Rekomendasi Izin Mendirikan;

6. Persyaratan Pengolahan Limbah;

7. Luas Tanah dan Sertifikatnya;

8. Penamaan;

9. Izin Mendirikan Bangunan (IMB);

10. Izin Penggunaan Bangunan (IPB);

Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap

JANGKA WAKTU :

15 (lima belas hari) Hari Kerja Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap/ Setelah  Pemeriksaan Lapangan dan Tidak Ada Lagi Permasalahan .

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Mendirikan Rumah Sakit IMRS

_______________________________________________________________________________________

IZIN OPERASIONAL DAN PENETAPAN RUMAH SAKIT

BARU

PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Izin Rumah Sakit Umum.

PERSYARATAN IZIN OPERASIONAL DAN PENETAPAN RUMAH SAKIT BARU/PERPANJANGAN

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

Sarana dan Prasarana

  • Bangunan atau ruangan untuk rawat jalan dan gawat darurat;
  • Bangunan atau ruangan inap;
  • Bangunan atau ruangan kamar operasi;
  • Bangunan Instalasi penunjang medik yaitu laboratorium dan radiologi;
  • Banguna sarana rumah sakit yaitu gudang dan bengkel;
  • Bangunan rawat inap yang jumlah kapasitas tempat tidurnya ditetapkan berdasarkan peraturan perundang- undangan;
  • Bangunan ruang administrasi, ruang tenaga medis dan tenaga kesehatan lain;
  • Bangunan non medis yaitu ruang dapur dan ruang cuci;
  • Taman, halaman dan tempat parkir;
  • Bangunan-bangunan lain yang diperlukan;
  • Surat iin tempat usaha/lokasi;
  • Surat izin gangguan;
  • Surat izin mendirikan Bangunan;
  • Rekomendasi dari Dinas/Kantor Pemadam Kebakaran;

3. Standar Lingkungan:

  • Pengelolaan Limbah Padat;
  • Pengelolaan Limbah Cair
  • Pengelolaan Limbah Gas;
  • Pengelolaan Limbah Infeksius;
  • Pengelolaan Limbah Biologi

4. Standar Peralatan:

  • Peralatan medis terdiri dari: diagnostik, penunjang diagnostik,terapi;
  • Peralatan non medis

5. Sumber Daya Manusia:

  • Tenaga Medis;
  • Tenaga Paramedis;
  • Tenaga kesehatan lainnya

6. Standar administrasi dan manajemennya

7. Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap;

JANGKA WAKTU :

Permohonan Baru = 10 (sepuluh) Hari Kerja Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Operasional dan Penetapan Rumah Sakit

_______________________________________________________________________________________

IZIN OPERASIONAL PUSKESMAS

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 411 Tahun 2010 tentang Laboratorium Klinik.

PERSYARATAN IZIN OPERASIONAL PUSKESMAS BARU/PERPANJANGAN

1. Surat Permohonan Kepala Puskesmas bermaterai Rp. 6000;

2. Sertifikat Tanah atau Bukti lain Kepemilikan Tanah yang sah;

3. Fc. Izin Mendirikan Bangunan (IMB);

4. Dokumen Izin Lingkungan;

5. Surat Keputusan dari Bupati terkait dari kategori Puskesmas

6. Study Kelayakan untuk Puskesmas yang baru akan didirikan atau akan dikembangkan

7. Profil Puskesmas

8. Data Ketenagaan (struktur organisasi pengurusan tenaga kesehatan);

9. Data Kelengkapan Puskesmas;

10. Denah Lokasi;

11. Dokumen UKL/UPL;

12. Kartu keanggotaan dari masing-masing profesi;

13. Kartu Tanda Penduduk

14. Pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 lembar) dan 3×4 sebanyak (2 lembar);

15. Semua persyaratan masing-masing dibuat rangkap 2 (dua) kecuali surat permohonan dan pas fhoto

JANGKA WAKTU :

Permohonan Baru = 7 (tujuh)Hari Kerja Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Operasional Puskesmas

_______________________________________________________________________________________

IZIN OPERASIONAL POLIKLINIK 

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM 

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik.

PERSYARATAN IZIN OPERASIONAL POLIKLINIK BARU 

1. Fotocopy Akte Notaris Pendirian Badan Usaha;

2. Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha;

3. Fotocopy Surat Izin Mendirikan Bangunan;

4. Dipimpin oleh dokter yang berpengalaman dan memiliki izin praktik pada balai pengobatan tersebut;

5. Khusus untuk balai pengobatan 24 jam dipimpin oleh seorang dokter yang mempunyai surat izin praktek dan surat persetujuan tempat praktek pada balai pengobatan tersebut sebagai penanggungjawab dan 2 pelaksana harian;

6. Satu tempat praktik yang menetap dan terdiri dari ruang periksa, ruang tunngu, ruang kamar mandi/WC, ruang konsultasi, ruang administrasi dan ruang farmasi;

7. Fasilitas peralatan diagnostik dan terapi sederhana serta menyediakan obat-obatan untuk keperluan pelayanan medik dasar;

8. Surat pernyataan kesanggupan membina 2 posyandu dan UKS SD yang dketahui oleh puskesmas;

9. Surat permohonan dari perusahaan bermaterai Rp. 6000;

10. Identitas lengkap pemohon;

11. Surat keterangan persetujuan lokasi dari pemerintah daerah setempat;

12. Fotocopy bukti hak kepemilikan tanah atau penggunaan tanah atau izin penggunaan bangunan atau surat kontrak minimal 5 tahun;

13. Dokumen UKL dan UPL;

14. Profil Klinik (Struktur organisasi pengurusan tenaga kesehatan, sarana dan prasarana peralatan obta-obatan serta pelayanan yang akan diberikan;

15. Tenaga medis pada klinik pratama minimal terdiri 2 orag dokter;

16. Setiap tenaga medis yang berpraktik di klinik harus mempunyai STR dan SIP serta melampirkan fotocopy Ijazah dan transkip Nilai dan {hot 4 x 6 sebanyak 3 lembar;

17. Prasarana klinik meliputi instalasi air,instalasi listrik, sirkulasi udara, sarana pengelolaan limbah dan ambulance;

18. Semua persyaratan dibuat dalam rangkap dua kecuali surat permohonan.

PERSYARATAN IZIN OPERASIONAL POLIKLINIK PERPANJANGAN

1. Mengisi formulir permohonan bermaterai 6000,-;

2. Foto copy KTP Pemohon /penanggungjawab/pengurus;

3. Surat kuasa bermaterai Rp. 6.000 / surat kuasa bila tidak bisa mengurus sendiri;

4. Surat rekomendasi dari dinas kesehatan setempat;

5. Foto copy pendirian badan usaha kecuali untuk kepemilikan perorangan;

6. Surat keterangan persetujuan lokasi klinik dari pemerintah daerah seternpat;

7. Bukti hak kepemilikan atau penggunaan tanah atau izin penggunaan bangunan untuk penyelenggaraan kegiatan bagi milik pribadi atau surat kontrak minimal selama 5 (lima) tahun bagi yang menyewa bangunan untuk penyelenggaraan kegiatan ;

8. Izin Mendirikan Bangunan ( IMB );

9. Foto copy Izin Gangguan (HO) yang masih berlaku;Dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL);

10. Profil klinik yang akan didirikan meliputi :

  • Struktur bangunan ( Denah bagunan beserta keterangan ) ;
  • Struktur organisasi kepengurusan;
  • Tenaga kesehatan;
  • Sarana dan prasarana, dan peralatan serta pelayanan yang diberikan.

11. Pimpinan Klinik / penanggung jawab klinik adalah seorang dokter;

12. Tenaga medis minimal 2 orang;

13. Foto copy tanda lunas pembayaran PBB Tahun berjalan;

14. Foto copy pajak Reklame Tahun berjalan;

15. Foto copy tanda lunas pajak parkir ( jika parkir dipungut oleh pemilik usaha );

16. Foto copy Pajak Air Tanah ( jika Menggunanakan );

17. Persyaratan administrasi lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

18. Semua persyaratan rangkap 2 ( dua ).

JANGKA WAKTU :

Permohonan Baru = 7 (tujuh) Bulan Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar  

Permohonan Perpanjangan = 3 (tiga) Bulan Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / 6 bulan sebelum habis masa berlakunya.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Operasional Poliklinik

_______________________________________________________________________________________

IZIN APOTEK

DASAR HUKUM 

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 tentang Izin Apotek.

PERSYARATAN IZIN APOTEK BARU 

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Seorang apoteker pengelola apotek selaku pimpinan Apotek;

3. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;

4. Akta Notaris perjanjian kerjasama apoteker dengan pemilik sarana Apotek

5. NPWP pemilik sarana Apotek;

6. Daftar asisten apoteker dengan melampirkan ijasah dan surat izinkerja serta surat pernyataan kesediaan bekerja di apotek tersebut;

7. Daftar terperinci alat kelengkapan apotek;

8. Surat pernyataan apoteker pengelola apotek tidak bekerja pada perusahaan lain dan tidak menjadi apoteker pengelola apotek pada apotek lain;

9. Surat izin atasan (bagi PNS dan pegawai instansi pemerinyah lainnya);

10. Surat Pernyataan pemilik sarana tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan obat;

11. Surat rekomendasi dari ISFI

12 Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap. 

JANGKA WAKTU : 14 (empat belas) Hari Kerja Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap/ Setelah  Pemeriksaan Lapangan dan Tidak Ada Lagi Permasalahan .

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Apotek

_______________________________________________________________________________________

IZIN TOKO OBAT

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 tentang Izin Apotek.

PERSYARATAN IZIN TOKO OBAT BARU

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Seorang apoteker pengelola apotek selaku pimpinan Apotek’

3. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;

4. Akta Notaris perjanjian kerjasama apoteker dengan pemilik sarana Apotek

5. NPWP pemilik sarana Apotek;

6. Daftar asisten apoteker dengan melampirkan ijasah dan surat izinkerja serta surat pernyataan kesediaan bekerja di apotek tersebut;

7. Daftar terperinci alat kelengkapan apotek;

8. Surat pernyataan apoteker pengelola apotek tidak bekerja pada perusahaan lain dan tidak menjadi apoteker pengelola apotek pada apotek lain;

9. Surat izin atasan (bagi PNS dan pegawai instansi pemerinyah lainnya);

10. Surat Pernyataan pemilik sarana tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan obat;

11. Surat rekomendasi dari ISFI;

12. Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap. 

JANGKA WAKTU : 14 (empat belas) hari kerja terhitung sejak berkas dan persyaratan  lengkap.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Toko Obat

_______________________________________________________________________________________

IZIN OPTIK 

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 tentang Izin Optikal.

PERSYARATAN IZIN OPTIK BARU / PERPANJANGAN 

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Sekurang-kurangnya seorang ahli refraksionis optisie yang memiliki sertifikat dari departemen kesehatan dan bekerja penuh (full time) sebagai penanggung jawab teknis;

3. Dalam pelaksanaanya ahli refraksionis optisie dapat diabantu oleh tenaga pelaksanan pelayanan atau asisten refraksionis optisie;

4. Akta pendirian perusahaan apabila berbentuk badan;

5. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;

6. Surat izin mendirikan bangunan;7

7. Surat pernyataan kesediaan refraksionis sebagai penanggung jawab pada optikal yang akan didirikan dengan kelengkapan :

8. Surat perjanjian pemilik sarana dengan refraksionis optisie;

9. KTP Kabupaten Seruyan dan refraksionis optisie;

10. Ijasah refraksionis optisie;

12. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah;

13. Surat keterangan tidak buta warna;

14. Pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 lembar);

15. Penyelenggaraan laboratorium lensa kontak maupun klinik khusus lensa kontak penanggung jawabnya adalah seorang dokter ahli mata yang telah memiliki sertifikat pelatihan dibidang lensa kontak;

16. Ruang pemeriksaan dengan ukuran panjang sekurang-kurangnya 3 (tiga) meter dngan cermin atau 5 (lima) meter tanpa cermin;

17. Ruang tam dan rang pamer dengan ukuran panjang sekurang-kurangnya 3×2 m2;

18. Ruang pemasangan (fitting) dengan ukuran sekurang-kurangnya 1×1 m2

19. Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap kecuali surat permohonan dan pas photo.

JANGKA WAKTU : 7 (tujuh) Hari Kerja Terhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap / Izin Baru.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Optik

_______________________________________________________________________________________

IZIN LABORATORIUM 

  • BARU
  • PERPANJANGAN 

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 411 Tahun 2010 tentang Laboratorium Klinik. 

PERSYARATAN IZIN LABORATORIUM BARU/PERPANJANGAN 

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Laboratorium kesehatan swasta harus mempunyai persyaratan minimal yang meliputi bangunan, peralatan, ketenagaan, dan kemampuan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan klasifikasinya;

3. Laboratorium kesehatan harus mempunyai penanggung jawab teknis yang memenuhi ketenruan sebagai berukut:

  • Untuk Laboratorium klinik umum pratama, minimal seorang dokter umum dan mempunyai pengalaman kerja teknis laboratorium minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut dalam 5 tahun terakhir;
  • Untuk alboratorium klinik umum khusus mikrobiologi, minimal seorang dokter spesialis patologi klinik;
  • Untuk laboratorium klinik khusus mikrobiologi, minimal seorang dokter spesialis mikrobiologi klinik;
  • Untuk laboratorium klinik khusus parasitologi, minimal seorang dokter spesialis parasitologi klink;
  • Untuk laboratorium klinik khusus patologi anatomi pratama, minimal seorang dokter spesialis patologi anatomi;
  • Untuk laboratorium klinik khusus patologi anatomi madya, minimal seorang dokter spesialis patologi anatomi dengan pengalaman 3 tahun;
  • Untuk laboratorium klinik khusus patologi anatomi utama, minimal seorang dokter spesialis patologi anatomi dengan pengalaman 5 tahun;
  • Untuk laboratorium kesehatan masyarakat pratama, minimal seorang sarjana kedokteran, sarjana farmasi, sarjana biologi atau sarjana kimia, dan mempunyai pengalaman kerja teknis laboratorium 3 (tiga) tahun di laboratorium kesehatan;
  • Untuk laboratorium kesehatan masyarakat utama, minimal seorang sarjana kedokteran, sarjana biologi atau sarjana kimia, dan mempunyai pengalaman kerja teknis laboratorium 3 (tiga) tahun di laboratorium kesehatan masyarakat;

4. Laboratorium kesehatan harus mempunyai penanggung jawab teknis yang memenuhi ketenruan sebagai berukut:

  • Untuk Laboratorium klinik umum pratama, minimal 2 (dua) orang analis kesehatan dan 1 (satu) orang perawat 1 (satu) orang tenaga administrasi;
  • Untuk Laboratorium klinik umum utama minimal 1 (satu) orang dokter atau sarjana farmasi, 3 (tiga) orang analisis kesehatan dan 1 (satu) orang perawat serta 2 (dua) orang tenaga administrasi;
  • Untuk Laboratorium klinik khusus mikrobiologi minimal 1 (satu) orang sarjana kedokteran atau sarjana biologi atau sarjana lainnya yang sesuai dengan bidang pelyanannya, dan 1 (satu) orang analisis kesehatan atau 1 (satu) orang tenaga teknis, dan telah mendapat pelatihan dibidang pemeiksaan yang bersangkutan dan 1 (satu) orang perawat;
  • Untuk laboratorium klinik khusus parasitologi minimal 1(satu) orang sarjana kedokteran/sarjana biologi/sarjana lain, 1 (satu)orang tenaga teknis yang ahli dalam bidang parasitologi, 1 (satu) orang tenaga teknis yang ahli dalam bidang parasitologi klinik, 1 (satu) orang analis kesehatan, 1 (satu) orang perawat;
  • Untuk laboratorium khusus patologi anatomi patama, minimal 1 (satu) orang teknis patologi anatomi/analis/sarjana biologi dan 1 orang tenaga administrasi;
  • Untuk laboratorium klinik khusus patologi anatomi madya, minimal 2 (dua) orang dokter spesialis patologi anatomi, 3 (tiga) orang teknis patoogi anatomi/analis/sarjana biologi, 1 (satu) orang screener, 3 (tiga) orang tenaga administrasi serta 1 (satu) orang tenaga lainnya;
  • Untuk laboratorium klinik khusus patologi anatomi utama, minimal 4 (empat) orang dokter spesialis patologi anatomi, 5 (lima) orang teknis patoogi anatomi/analis/sarjana biologi, 2 (dua) orang screener, 3 (tiga) orang tenaga administrasi serta 2 (dua) orang tenaga lainnya;
  • Untuk laboratorium klinik khusus patologi anatomi pratama, minimal 2 (dua) orang analis kesehatan, dengan ketentuan 1 (satu) orang diantaranya dapat diganti dengan asisten apoteker atau analis kimia;
  • Untuk laboratorium kesehatan maasyarakan utama minimal 1 (satu) orang sarjana kedokteran, sarjana farmasi, sarjana biokimia, sarjana kimia atau sarjana biologi dan 3 (tiga) orang analis kesehatan, yang 1 (satu) orang diantaranya dapat diganti dengan asisten apoteker atau analis kimia.

5. Tenaga teknis yang memenuhi ketentuan

6. Izin Mendirikan Bangunan

7. Dokumen UPL/UKL, unit pembuang limbah

8. Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap;

JANGKA WAKTU : Permohonan Baru = 7(tujuh)Hari KerjaTerhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Laboratorium

_______________________________________________________________________________________

IZIN PRAKTEK TENAGA KESEHATAN 

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2052/menkes/Per/X/2010 tentang izin praktik dan pelaksanaan praktik kedokteran.

PERSYARATAN IZIN PRAKTEK TENAGA KESEHATAN BARU/PERPANJANGAN

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Kartu tanda Penduduk (KTP);

3. STR dokter yang diterbitkan dan dilegalisir asli oleh kedoteran indonesiayang masih berlaku;

4. Surat Pernyataan mempunyai tempat praktik atau surat keterangan dari sarana pelayanan kesehatan sebagai tempat praktiknya;

5. Surat Rekomendasi dari organisasi profesi, sesuai tempat praktik;

6. Pas photo berwarna ukuran 4×6 3 lembar dan 3×4 sebanyak 2 lembar;

7. Ijasah dan Transkip Nilai;

8. Surat keterangan Berbadan Sehat;

9. Surat Izin Praktik Lama;

10. Kartu anggota profesi;

11. Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap kecuali surat permohonan dan pas photo.

JANGKA WAKTU : Permohonan Baru = 3 (tiga)Hari KerjaTerhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Praktek Tenaga Kesehatan

_______________________________________________________________________________________

IZIN PRAKTEK TENAGA FARMASI 

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 889/Menkes/Per/V/2011 tentang Registrasi, Ijin Praktik dan Ijin Kerja Tenaga kefarmasian. 

PERSYARATAN IZIN PRAKTEK TENAGA FARMASIBARU/PERPANJANGAN 

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Fc. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;

3. Fc. Ijasah Tenaga Kesehatan yang berlaku;

4. Fc. Surat Tanda Registrasi (STR) sesuai izin yang diajukan;

5. Surat Pernyataan mempunyai tempat praktik atau surat keterangan dari sarana pelayanan kesehatan sebagai tempat praktiknya;

6. Surat Rekomendasi dari organisasi profesi, sesuai tempat praktik;

7. Pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 lembar);

8. Surat izin dari Pimpinan instansi/sarana pelayanan kesehatan tempat nakes dimaksud bekerja;

9. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah;

10. Gambar/Denah

11. Rekomendasi dari Dinas Kesehatan;

12. Semua persyaratan masing-masing dibuat 2 rangkap kecuali surat permohonan dan pas photo.

JANGKA WAKTU : Permohonan Baru = 3 (tiga)Hari KerjaTerhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Pratek Tenaga Farmasi

_______________________________________________________________________________________

IZIN DOKTER 

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2052/Menkes/Per/X/2011 tentang Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran. 

PERSYARATAN IZIN DOKTER BARU/PERPANJANGAN

1. Surat Permohonanbermaterai Rp. 6000,-

2. Fc. Kartu Tanda Penduduk

3. Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan dan dilegalisir asli oleh konsil kedokteran ndonesia yang berlaku;

4. Surat Pernyataan mempunyai tempat praktek atau surat keterangan dari sarana kesehatan sebagai praktiknya;

5. Surat Rekomendasi dari organisasi profesi sesuai tempat praktiknya;

6. Pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 lembar)

7. Ijasah dan Transkip nilai yang telah dilegalisir;

8. Surat Keterangan Berbadan Sehat;

9. Surat Izin Praktek Lama;

10. Kartu anggota organisasi profesi;

11. Semua persyaratan masing-masing dibuat rangkap 2(dua) kecuali surat permohonan dan pas photo 

JANGKA WAKTU : Permohonan Baru = 3 (tiga)Hari KerjaTerhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Dokter

_______________________________________________________________________________________

IZIN PERAWAT 

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1464/menkes/per/x/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik. 

PERSYARATAN IZIN PERAWAT BARU/PERPANJANGAN

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,-

2. Ijasah dan Transkip Nilai;

3. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah;

4. Surat keterangan dari pimpinan sarana pelayanan kesehatan yang menyatakan tanggal mulai bekerja;

5. Kartu keanggotaan dari masing-masing profesi;

6. Kartu Tanda Penduduk;

7. Pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 lembar);

8. Surat Izin Praktik lama;

9. Surat Rekomendasi dari organisasi profesi;

10. Semua persyaratan masing-masing dibuat rangkap 2(dua) kecuali surat permohonan dan pas photo

JANGKA WAKTU : Permohonan Baru = 3 (tiga)Hari KerjaTerhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Perawat

_______________________________________________________________________________________

IZIN BIDAN

  • BARU
  • PERPANJANGAN

DASAR HUKUM

1. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Pulik;

2. Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;

3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan;

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1464/menkes/per/x/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik. 

PERSYARATAN IZIN BIDAN BARU/PERPANJANGAN

1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000,

2. Fc. Ijasah dan Transkip Nilai yang telah . dilegalisir;

3. Surat Tanda Registrasi Bidan;

4. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah;

5. Surat persetujuan atasan, bila dalam melaksanakan masa bakti atau pegawai negeri pada sarana kesehatan;

6. Surat Rekomendasi dari Organisasi Profesi;

7. Fc. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;

8. Pas photo berwarna ukuran 4×6 (2 lembar) dan 3×4 sebanyak (2 lembar);

9. Melampirkan foto tempat praktik beserta peralatannya;

10. Surat Izin Praktik lama;

11. Semua persyaratan masing-masing dibuat rangkap 2(dua) kecuali surat permohonan dan pas photo

JANGKA WAKTU : Permohonan Baru = 3 (tiga)Hari KerjaTerhitung Sejak Berkas dan Persyaratan Lengkap dan Benar / setelah verifikasi peninjauan lapangan dan tidak ada permasalahan.

BIAYA : Gratis

Link Download Brosur : Izin Bidan

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?