ANTIK (AMBIL ANTAR IZIN KE TEMPAT)

Peran strategis masyarakat/ pelaku usaha sebagai penggerak perekonomian daerah hingga nasional tidak terbantahkan lagi. Sayangnya di balik pentingnya partisifasi berbanding terbalik dengan belum adanya layanan untuk memudahkan pengurusan perizinan bagi mereka yang dengan keterbatasan fisik, atau mobilitasnya tinggi karena kesibukan/ terbatasnya waktu sehingga sulit datang langsung ke kantor perizinan.

Faktor geografis juga menjadi penyebab mengingat Kabupaten Seruyan memanjang dari hulu ke hilir, serta banyak daerah yang sulit diakses menjadi alasan yang tidak dapat dipungkiri. Seruyan berada di Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas ± 16.404 Km2 atau ± 1.670.040,76 Ha. yaitu 11,6 % dari luas provinsi yang terbagi 13 kabupaten dan 1 kota. Persoalan yang kompleks ini memunculkan celah para makelar perizinan untuk mengambil keuntungan. Celakanya, tidak sedikit yang menggunakan calo baik karena ketidak tahuan, keterpaksaan bahkan karena tidak ingin repot berurusan.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan memandang penting untuk melahirkan inovasi pelayanan publik yang benar-benar baru dan inovatif, untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat luas. Inovasi pelayanan publik tersebut adalah ANTIK (Ambil Antar Izin Ke Tempat) merupakan inovasi layanan pengambilan berkas permohonan izin, dari tempat pemohon untuk diproses di kantor, kemudian diantar kembali ke pemohon apabila izin sudah beres tanpa dipungut biaya sedikit pun (gratis).

Dengan adanya layanan ANTIK masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor perizinan, apalagi lokasi rumah yang secara kebetulan jauh. Masyarakat cukup menghubungi petugas melalui saluran informasi yang telah disediakan. Berdasarkan permintaan tersebut, petugas akan mendatangi alamat pemohon untuk mengambil dokumen/ berkas permohonan dengan terlebih dahulu memeriksa kelengkapannya, baik itu izin berusaha atau non berusaha. Apabila lengkap petugas ANTIK akan membawa dokumen permohonan tersebut ke kantor untuk diproses sesuai dengan ketentuan dan Standar Pelayanan Publik (SPP) yang berlaku.

Selanjutnya apabila permohonan telah selesai diproses dan tidak mengalami kendala, maka dokumen izin yang telah diterbitkan oleh DPMPTSP Kabupaten Seruyan tersebut akan diantar kembali ke tempat pemohon untuk diserahkan secara langsung oleh petugas ANTIK tanpa dipungut biaya sedikit pun (gratis). Dengan demikian, inovasi ANTIK menjadi solusi sekaligus menjamin kepastian tersedianya akses pelayanan perizinan yang mudah bagi masyarakat luas termasuk kelompok rentan (perempuan, orang tua, orang cacat, dll).

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?