DIET (DUTA IZIN EFEKTIF DAN TERPERCAYA)

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan memiliki peran yang sangat strategis sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan, yakni sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah. DPMPTSP berupaya mendorong investasi dengan memberikan pelayanan secara profesional dan berkualitas, memastikan terpenuhinya kebutuhan serta harapan masyarakat yang menaruh ekspektasi tinggi akan hadirnya pelayanan publik yang prima.

Berangkat dari minimnya tingkat kesadaran masyarakat untuk melegalkan kegiatan atau usahanya, dibutuhkan langkah konkret pemerintah dalam hal ini DPMPTSP sebagai ujung tombak pelayanan publik untuk hadir menjembatani/ mengakomodir kepentingan pelaku usaha yakni melalui inovasi pelayanan publik DIET (Duta Izin Efektif dan Terpercaya), merupakan inovasi layanan konsultasi dan edukasi face to face (tatap muka) yang dilakukan oleh agen/ duta dengan turun langsung ke tengah-tengah kelompok masyarakat secara rutin, bersifat mobile/ aktif dan responsive mendorong gerakan masyarakat sadar perizinan.

Upaya ini sekaligus menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat luas akan informasi publik selaras dengan Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu agen DIET juga mengakomodir permintaan untuk datang langsung ke alamat pemohon baik itu rumah, toko, kantor atau fasilitas publik lainnya sesuai dengan kesepakatan melalui pandu layanan langsung atau jasa konsultasi berjalan tanpa dipungut biaya sedikit pun (gratis). Langkah ini dinilai sangat efektif sebagai upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melegalkan kegiatan/ usaha agar aman dan nyaman, tidak dihatui rasa was-was dalam menjalankan usaha sebab banyak manfaat positif yang akhirnya didapat. Dengan demikian, inovasi DIET menjadi solusi sekaligus menjamin kepastian tersedianya akses pelayanan perizinan yang mudah bagi masyarakat luas termasuk kelompok rentan (perempuan, orang tua, orang cacat, dll).

 

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?