PINTAR (PERPANJANGAN IZIN TANPA SYARAT)

Mengganti pola lama yang menjadi tradisi adalah keharusan, yakni dengan menghadirkan terobosanterobosan baru sejalan dengan dinamika zaman dan perkembangan teknologi informasi yang seakan menjadi urat nadi mendukung segala macam bentuk aktivitas perekonomian dunia tanpa terkecuali pelayanan publik.

DPMPTSP Kabupaten Seruyan melihat potensi besar tersebut dengan melahirkan terobosan yang inovatif, yaitu inovasi PINTAR dengan mengoptimalkan pemanfaatan data induk pemohon secara elektronik. Dalam penerapannya inovasi ini didukung sebuah aplikasi yang dilahirkan/ diluncurkan secara bersamaan dengan nama SIBAPER (Sistem Database Perizinan) dibangun secara mandiri oleh internal DPMPTSP Kabupaten Seruyan untuk mengakomodir kebutuhan perekaman data pemohon secara elektronik yang kemudian dijadikan sebagai data induk untuk keperluan perpanjangan atau penambahan izin baru di kemudian hari.

Dengan demikian masyarakat tidak perlu lagi repot-repot membawa berkas ketika berurusan ke kantor perizinan. Upaya ini sangat efektif memangkas birokrasi/ persyaratan yang terkesan mubazir sehingga berdampak positif bagi masyarakat luas yang mobilitasnya tinggi karena kesibukan, atau letak rumah yang jauh dari pusat perkantoran, serta kelompok rentan (perempuan, orang tua, orang cacat, dll).

Inisiatif ini inovatif karena inovasi PINTAR (Perpanjangan Izin Tanpa Syarat) dalam penerapannya didukung aplikasi SIBAPER (Sistem Database Perizinan) sehingga masyarakat/ pemohon memiliki data induk secara elektronik. Istimewanya pemohon diberikan kartu PINTAR secara gratis apabila perekaman data selesai. Kartu ini dilengkapi teknologi QR Code (barcode dua dimensi) yang bisa dipindai menggunakan smartphone sebagai pengganti dokumen/ berkas untuk keperluan permohonan perizinan di kemudian hari. Dengan demikian masyarakat tidak perlu repot membawa berkas tinggal menunjukan kartu PINTAR ke Front Office untuk pemrosesan permohonan perizinan.

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?