PERPANJANGAN IZIN TANPA SYARAT (PINTAR)

Perpanjangan Izin Tanpa Syarat (PINTAR) merupakan inovasi layanan perpanjangan izin tanpa persyaratan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data secara elektronik. Dalam penerapannya inovasi ini didukung sebuah aplikasi yang diluncurkan secara bersamaan dengan nama Sistem Database Perizinan (SIBAPER) untuk mengakomodir kebutuhan perekaman data pemohon secara elektronik yang kemudian dijadikan sebagai data dasar untuk keperluan perpanjangan atau penambahan izin baru di kemudian hari.

Birokrasi yang berbelit-belit, masih banyaknya dokumen dan persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat ketika hendak mengurus izin tentunya tidak sejalan dengan semangat percepatan perizinan yang selama ini digaungkan. Oleh karenanya pada awal tahun 2019 DPMPTSP Kabupaten Seruyan kemudian membuat terobosan baru keluar dari bisnis proses yang monoton kepada tradisi dan pola baru sesuai dengan perkembangan zaman demi mewujudkan pelayanan publik Cepat, Terpat, Prosedur yang juga menjadi slogan Bupati Seruyan periode 2018-2023.

Terobosan ini diyakini mampu menghilangkan citra buruk yang selama ini berkembang di masyarakat. Pada akhirnya ekspektasi tinggi masyarakat akan pelayanan publik terjawab dengan kehadiran PINTAR yang hingga kini tetap konsisten bahkan jauh sebelum adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang telah menyebar ke berbagai belahan negara termasuk Indonesia. PINTAR sangat relevan karena masyarakat cukup membawa kartu PINTAR yang dilengkapi dengan QR Code ketika hendak mengurus izin tanpa harus membawa banyak dokumen.

× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?