TAHAPAN PERIZINAN ONLINE

TAHAPAN PERIZINAN BERUSAHA MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS)

(1) Apabila usaha yang anda jalankan berbentuk Badan Hukum/ Non Perseorangan : terlebih dahulu daftarkan Badan Usaha anda melalui Notaris untuk mendapatkan legalitas (Akta) yang terdaftar pada AHU (Administrasi Hukum Umum) atau SABU (Sistem Administrasi Badan Usaha). (2) Apabila berbentuk Perseorangan / UMK, anda cukup mempersiapkan data dasar seperti Modal Usaha, Hasil Penjualan per tahun, Sarana dan Prasarana serta tenaga kerja yang digunakan. (3) Pastikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Pribadi/Usaha anda valid *NPWP untuk UMK dikecualikan. (4) Pastikan Email yang anda gunakan untuk register OSS aktif (dapat dibuka).
(1) Selanjutnya secara mandiri daftarkan usaha Anda dengan mengakses www.oss.go.id dan isilah form registrasi bisa menggunakan ponsel, laptop atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet. (2) Ketika Anda selesai melakukan pengisian form registrasi dan submit, Anda akan menerima pesan melalui kotak masuk pada Email. Pesan pertama Anda diminta untuk melakukan Aktivasi lalu yang kedua Anda akan menerima Akun OSS/Username beserta Password OSS.
Silahkan Anda login menggunakan User Name dan Password OSS untuk mengisi/melengkapi data pendukung, baik data legalitas, data perusahaan, Virtual Account BPJS Kesehatan, Virtual Account BPJS Ketenagakerjaan, Maksud dan Tujuan (KBLI). Apabila data-data dimaksud telah dilengkapi maka pada tahapan ini OSS akan menerbitkan NIB (Nomor Induk Berusaha) yang mencakup (1) Tanda Daftar Perusahaan TDP (2) Angka Pengenal Impor (API-P/ API-U) (3) Akses Kepabeanan.
Pada tahapan ini silahkan ada mengisi data proyek/ kegiatan usaha yang meliputi tempat atau lokasi kegiatan, kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia), nilai investasi baik berupa peralatan usaha, bangunan dan tanah serta data tenaga kerja. Anda juga dapat mengupload izin pendukung (*apabila ada) seperti Izin Lokasi, Izin Lingkungan, IMB (Izin Mendirikan Bangunan), serta izin-izin lainnya. Apabila data-data telah dilengkapi maka OSS akan menerbitkan Izin Usaha (SIUP/IUP) yang belum berlaku efektif (*harus memenuhi komitmen) dan/atau izin efektif (*yang tidak memerlukan komitmen/ IUMK).
Anda dapat mengajukan permohonan Izin Operasional/ Komersial untuk mendukung kegiatan usaha Anda apabila diwajibkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada tahapan ini silahkan Anda checklist komitmen apa saja yang wajib Anda penuhi sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. OSS akan menerbitkan Izin Operasional/ Komersial yang belum berlaku efektif (*harus memenuhi komitmen) dan/atau izin efektif (*apabila telah memenuhi komitmen).
Anda diminta untuk melakukan pemenuhan komitmen/ syarat sesuai dengan daftar checklist yang Anda pilih, baik berupa penyelesaian pembayaran pajak/retribusi atau berupa pemenuhan dokumen persetujuan/ rekomendasi yang dikeluarkan oleh dinas teknis atau instansi sektoral.
Petugas Layanan PTSP akan melakukan Validasi terkait permohonan dan komitmen yang telah Anda penuhi. Tindakan yang diambil oleh DPMPTSP Seruyan bisa berupa Evaluasi, Persetujuan hingga Penolakan dengan memperhatikan kesesuaian permohonan dan pemenuhan komitmen berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
*Izin efektif adalah dokumen Izin Usaha yang berlaku sah diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur atau bupati/walikota kepada pelaku usaha yang dalam permohonan kegiatan/ proyek hingga pemenuhan komitmen telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tidak bertentangan dengan peraturan-peraturan lainnya. Sementara *Izin belum efektif adalah Izin Usaha yang belum/masih dalam tahap pemenuhan komitmen serta menunggu proses validasi oleh DPMPTSP Seruyan sehingga belum berlaku sah.

TAHAPAN PERIZINAN NON BERUSAHA MELALUI SICANTIK CLOUD

Terlebih dahulu Anda siapkan berkas atau data dasar terkait izin yang akan dimohonkan dan pastikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) anda valid serta Email yang akan Anda gunakan aktif (dapat dibuka).
Selanjutnya secara mandiri daftarkan izin Anda dengan mengakses www.sicantikui.go.id bisa menggunakan ponsel, laptop atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Akun/ User Name dan Password SICANTIK akan Anda terima melalui kotak masuk pada Email ketikas selesai melalukan pengisian form registrasi SICANTIK.
Silahkan Anda login lalu membuat/ menambahkan permohonan izin.
Serahkan berkas/dokumen pendukung sesuai dengan izin yang dimohonkan ke DPMPTSP Seruyan melalui Front Office.
Apabila dinyatakan lengkap permohonan izin Anda akan dilanjutkan ke tahap permohonan persetujuan/rekomendasi yang diterbitkan oleh dinas teknis, instansi sektoral.
Pada tahapan ini akan dilakukan Verifikasi berjenjang terkait dokumen permohonan izin dan rekomendasi teknis Anda, mulai dari Kepala Seksi, Kepala Bidang dan Sekretaris.
Apabila tahapan Verifikasi dokumen selesai, Permohonan izin Anda selanjutnya menunggu Persetujuan/Penetapan Izin oleh Kepala DPMPTSP Seruyan yang ditandai dengan Tanda Tangan Elektronik (e-signature).
Apabila proses izin anda selesai maka DPMPTSP segera menginformasikan/ menghubungi anda untuk mengambil dokumen izin yang telah selesai.
× Ada yang bisa DPMPTSP Seruyan bantu?